Melalui DPKP Kab. Ciamis, Sebanyak 200 Bantuan Alsintan Handsprayer Diberikan Pemkab Ciamis Kepada Kelompok Tani

Kabupaten Ciamis,-  Dukung pengembangan pertanian padi ramah lingkungan, Pemkab Ciamis melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis beri bantuan sebanyak 200 Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa handsprayer yang bersumber dari APBD Kab. Ciamis tahun anggaran 2023.

Bantuan tersebut diberikan kepada sebanyak 200 kelompok tani secara simbolis di Aula Kantor DPKP Kabupaten Ciamis pada Kamis, 12/10/23.

Adapun bantuan yang diberikan untuk Pengembangan Pertanian Padi Ramah Lingkungan (BPRL) yang difasilitasi terdiri dari 3 komponen yaitu benih padi bersertifikat, POC dan alat mesin pertanian (handsprayer).

1. Benih bersertifikat untuk luasan 4.000 Hektar penerima manfaatnya 308 kelompok tani yang tersebar di 27 Kecamatan.

2. Pupuk Organik Cair (POC) untuk luasan 6.666,67 Hektar penerima manfaatnya 520 kelompok tani yang tersebar di 27 Kecamatan.

3. Alat Mesin Pertanian (handsprayer) sebanyak 200 unit untuk 200 kelompok tani.

Mengawali sambutannya, Wabup Ciamis H. Yana D. Putra menyampaikan permohon maaf dari Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya yang pada kesempatan tersebut tidak jadi hadir dikarenakan adanya agenda lain bersama kementerian.

Dikatakan Wabup, pemberian bantuan tersebut adalah bantuan tepat guna karena menurutnya sebagian besar masyarakat ciamis adalah para petani.

“Hidupnya ciamis ini oleh para petani, berarti bidang pertnanian ini harus di jadikan prioritas. Hari ini APBD Ciamis sedang tidak baik baik saja, tapi meskipun dalam posisi seperti itu visi Pemkab Ciamis berkaitan dengan petanai dan akan terus memprirotaskan guna membangun pertanian ciamis”, Katanya

Menurut Wabup, berbicara pertanian tidak hanya satu tentang dinas pertanian, akan tetapi tentang PU dan yang lainnya karna berhubungan dengan inprastruktur guna membangun pertanian.

“Mudah mudahan dengan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, berkaitan dengan pertanian ramah lingkungan mudah mudahan kedepannya ada mindset yang berubah dalam berpikirnya. Saya berharap dengan itu semoga di ciamis lebih di tinggkatkan guna kesejahteraan para petani karena akan memiliki nilai ekonomis yang lebih baik”, Singkatnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala UPTD PPKP Se- Kabupaten Ciamis sebanyak 15 orang, Koordinator PPL Se-Kab. Ciamis sebanyak 27 orang dan Kelompok Tani Penerima Bantuan Alsintan Handsprayer 200 orang.

Share Berita